HPA Sulteng Serukan Pilkada Damai

oleh -

Palu, Posrakyat.com – Ketua Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA) Sulteng, Dedi lrawan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar menjaga penyelenggaraan Pilkada gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), yang digelar serentak bersama Pilkada bupati/Wakil bupati, walikota/wakil walikota se Sulteng Tahun 2020, dilaksanakan dengan damai dan menggembirakan, yang mencerminkan adat dan budaya bangsa ketimuran.

“Pilkada langsung dan serentak bagian dari ikhtiar penguatan demokrasi elektoral dalam konstruksi negara hukum Indonesia yang diupayakan oleh seluruh elemen bangsa. Sehingga semua pihak haruslah memberikan dukungan konstruktif dalam proses politik tersebut, agar proses demokrasi tetap dapat berjalan damai, berkualitas dan berintegritas,” ujarnya, Rabu(2/7/2020).

Menurutnya, sebagai sebuah mekanisme memilih pemimpin untuk jabatan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota maka Pilkada serentak ini, bagian dari mekanisme evaluasi atas kepemimpinan yang sebelumnya, untuk kepemimpinan yang diidamkan untuk ke depan.

“Olehnya, mekanisme kemerdekaan pemilih adalah kunci penentu kualitas dan intregitas Pilkada selain variable Iainnya sepeti independensi penyelenggara Pemilu, mekanisme penyelesaian sengketa yang independen, penegakan hukum yang fair atas berbagai pelanggaran di Pilkada, dan Iainnya,”cetusnya.

Dedi menegaskan, Pilkada adalah pesta Demokrasi dimana rakyat akan menggunakan hak pilihnya untuk memilih dan mendukung kandidat tertentu berdasarkan evaluasi objektif, bebas, dan tanpa tekanan manapun.

“Pilkada adalah momentum dan tanggungjawab tentang apa yang telah diperbuat oleh para kandidat untuk daerahnya sebagai penentu kelayakan seorang kandidat untuk dipilih atau tidak dipilih,”terangnya.

Lanjut dikatakan, untuk mendapatkan pemimpin yang berkualitas maka masyarakat perlu menghindari tindakan-tindakan seperti penyebaran Hoax, ujaran kebencian dan isu SARA. Agar Pilkada serentak ini dapat berjalan aman dan damai.

“Mari kita ciptakan Pilkada Serentak di Sulteng ini dengan persaingan yang sehat, bukan dengan pemberitaan hoax untuk menjatuhkan pasangan yang Iain, serta pentingnya untuk bersama menjaga situasi yang tertib dan aman dengan menjalin kerukunan beragama tanpa provokasi antar sesame. Stop isu SARA demi menjaga Pilkada Damai yang berkualitas,” tegasnya.

Dedi Irawan berharap kita bersama menjaga pilkada serentak damai tanpa embeI-embel apapun, karena siapa saja yang nantinya akan terpilih, bukan Iagi menjadi pemimpin salah satu Suku dan Ras atau pemimpin salah satu Agama. Melainkan akan menjadi pemimpin bagi semua masyarakat Sulteng”tandasnya. (Tio)