KPU Pasangkayu Sosialisasi Syarat Dukungan dan Persebaran Calon Independen Pilkada 2020

oleh -24 views
Istimewa

Pasangkayu, Posrakyat.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu, Syahran resmi membuka rapat pleno pertama penetapan persyaratan jumlah dukungan dan persebaran untuk pasangan calon perseorangan/independen pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasangkayu Tahun 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), sabtu (26/10) sekitar pukul 14.00 WITA yang dihadiri puluhan orang dari unsur Bawaslu, Partai, Kesbangpol, Disdukcapil dan stakheldor lainnya.

Dalam penyampaiannya, Syahran Ahmad menyampaikan bahwa
tahapan perseorangan atau independen dilakukan lebih awal sebab proses yang panjang.

“Untuk jalur independen kita buka lebih awal karena prosesnya panjang” kata Syahran, sabtu (26/10).

Dijelaskan Syahran untuk syarat dukungan calon perseorangan sesuai Peraturan KPU 15 tahun 2017 bahwa dari jumlah DPT Kabupaten Pasangkayu sebanyak 93.787.000, syarat dukungan minimal 10 % dari total DPT.

“Syarat minimal dukungan untuk maju independen yaitu 9.378.700 yang dibulatkan menjadi 9.379.000 sesuai peraturan KPU” jelasnya.

Untuk Penyebaran, lanjut Syahran minimal 50% dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Pasangkayu. “Sekurang kurangnya mendapat dukungan 7 (tujuh) Kecamatan dari 12 Kecamatan yang ada” ujarnya

Terkait launching/pengumuman tahapan Pilkada kata Syahran akan dilaksanakan secara resmi pada 28 November 2019 sesuai aturan  PKPU.

Selain itu Syahran juga menekankan bahwa surat pernyataan dukungan untuk calon independen tidak perlu menggunakan materai orang perorang seperti isu yang beredar. “Cukup 1 materai dalam 1 Kelurahan/Desa” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Barat melalui Devisi Tekhniknya, Said Usman, menyampaikan bahwa akan dilaksanakan pilkada serentak di 270 daerah diseluruh Indonesia.

“Ditingkat Provinsi 9 Wilayah, ditingkat Kota 37 Wilayah, ditingkat Kabupaten 224 Wilayah dan khusus Provinsi Sulawesi Barat pilkada serentak akan dilakdanakan ditiga Kabupaten yakni Kabupaten Mamuju Tengah, Kab. Mamuju, dan Kab. Pasangkayu” ujarnya..

Adapun terkait waktu kata Usman pelaksanaan Pilkada serentak ditiga Kabupaten ini akan dilaksanakan pendaftaran pada 16 juni 2020 dan pencoblosan pada tanggal 23 september 2020. “Januari 2021 dilaksanakan pelantikan Bupati terpilih” jelasnya.

Penulis: Syahril
Editor: S. Wijaya

loading...