Waduh Katinting Terbalik Dihantam Ombak, Kepala BRI Tambu dan 4 Warga Lainya jadi Korban

oleh -

DONGGALA, POSRAKYAT– Perahu Katinting yang ditumpangi 5 warga terbalik, di perairan Sapa dara Desa Pomolulu, Kecamatan Balaesang Tanjung, Kabupaten Donggala.

Kejadian berawal ketika 5 Warga tersebut menaiki perahu jenis katingting di bibir Pantai dusun Molui Desa Tambu Kecamatan Balaesang, Minggu (01/11/2020).

Kelima warga tersebut sekitar pukul 08.00 Wita melakukan perjalanan berangkat menuju ke Pulau Sapiang / pulau sapi yang berkedudukan di perairan laut Desa Pomolulu Kec. Balaesang Tanjung Kab.Donggala.

Sekitar pukul 10.30 Wita setelah selesai berwisata kelima 5 tersebut hendak pulang ke Dusun Molui. di tengah perjalanan, tepatnya di perairan *SAPA DARA* perahu Katingting yang mereka gunakan terbalik akibat terkena hantaman ombak / arus laut yang tinggi.

Adapun identitas dari warga yang mengalami Laka Laut tersebut :

1). Nama : Muh. Safaat Umur : 38 Tahun Agama : Islam Pek : Kepala Bank BRI Unit Tambu Almt : Jln. Talasa Poso Kota

2). Nama : Rendi Stefanus Umur : 33 Tahun Agama : Kristen Pek: Pegawai Bank BRI Unit Tambu Almt: Jln. Garuda II Kota Palu.

3). Nama : Riswan Kaharudin Umur : 27 Tahun Agama : Islam Pek : Pegawai Bank BRI UnitTambu Almt : Ds.Balukang Kec. Sojol Kab. Dgla.

4). Nama : Aldian Umur : 24 Tahun Agama : Islam Pek : Security Bank BRI Unit Tambu Almt : Kel. Kayumalue Kec. Palu Utara

5). Nama : Anugrah Umur : 11 Tahun Agama : Islam Pek : Pelajar Almt : Desa Tambu Kec. Balaesang Kab. Dgla

“Kapolres Donggala AKBP Wawan Sunarwirawan,S.I.P.M.T. melalui Kapolsek Balaesang IPDA Makmur Johan, S.Sos Mendengar informasi tersebut segera berangkat ke TKP bersama Nelayan Dusun Tanah Runtuh dengan menggunakan kapal katinting mengevakuasi ke 5 warga tersebut untuk menepi ke *Pulau Bak*.” Ujarnya.

“Kapolsek pun menghubungi anggotanya, Kemudian personil Polsek Balaesang bersama Komandan Pos Unit Pantai Barat Dit Polairud Polda Sulteng, Bripka Faisal dan 2 orang personil Koramil Balaesang menuju ke tempat kejadian tersebut dengan menggunakan Kapal Laut KM. Mina Maritim 100.

Sekitar pukul 15.00 wita, evakuasi pun telah dilakukan ke 5 orang warga yang mengalami kecelakaan laut perahu Katingting terbalik tersebut dari *Pulau Bak* menuju ke pos Pol Airud Polda Sulteng di Mepaga desa Labean dengan menggunakan Kapal Laut KM. Mina Maritim 100.

Saat di lakukan evakuasi terhadap ke 5 orang tersebut, juga turut di evakuasi rombongan mahasiswa yang juga tengah melakukan libur wisata ke Pulau Sapiang juga ikut bersama di kapal tim evakuasi di karenakan perahu yang mereka tumpangi menepi di *Pulau Bak* akibat ombak / arus laut yang tinggi.” Imbuhnya

Alhamdulillah tidak terjadi korban jiwa dalam peristiwa terbaliknya perahu katingting Ini. Kiranya dilakukan peringatan kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak berwisata ke Pulau- pulau yang menjadi obyek wisata mengingat musim pancaroba sehingga cuaca di laut tidak menentu dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan di laut. ” tegas Kapolsek Berpesan.**