Gubernur Bersama DPRD Usulkan Konservasi Pesisir Pantai dan Pulau di Sulteng

oleh -1 views
Gubernur Sulteng, Longki Djanggola didampingi Kadis KKP Sulteng, Arief Latjuba, Asisten II, Bunga Elim Somba bersama Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sulteng, Abdul Karim Aljufri menyerahkan dokumen usulan konservasi kepada Menteri KKP, Edhy Prabowo di ruang rapat gedung Mina Bahari IV lantai 16, Rabu (27/11/2019) sekira pukul 10.00 WIB.( FOTO: IST)

Jakarta,Posrakyat.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Gerindra Sulteng, menggelar pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo di ruang rapat gedung Mina Bahari IV lantai 16, Jakarta, Rabu (27/11/2019) sekira pukul 10.00 WIB.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola bersama jajaran dan Ketua Fraksi Gerindra DRPD, Abdul Karim Aljufri menyerahkan sejumlah usulan yang berkaitan dengan potensi kelautan dan perikanan yang ada di Sulteng. Dalam pertemuan yang diinisiasi oleh Ketua Fraksi Gerindra itu, Menteri Edhy Prabowo menandatangani empat Rancangan Keputusan Menteri  (Rankepmen) tentang pengelolan Kawasan Koservasi Pesisir dan Pulau – pulau di Sulteng.

Empat Rankepmen yang ditanda – tangani tersebut, yaitu pertama KKP3K Doboto meliputi wilayah kabupaten Donggala, Buol, Tolitoli (DOBOTO). Kedua KKP3K Tomini meliputi Parigi, Poso, Tojo Unauna. Ketiga KKP3K Banggai, Banggai Laut, Banggai Kepulauan. Serta keempat KKP3K Morowali, meliputi Morowali dan Morowali Utara.

Gubernur Longki via pesan aplikasi WatsApp mengemukakan bahwa usulan itu segera ditetapkan oleh Kementrian KKP, sehingga apa yang menjadi harapan publik di Sulteng.

“Semoga usulan pemerintah daerah ini menjadi harapan kita bersama untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Tujuan dari konservasi ini lanjut Gubernur Longki, untuk melindungi kekayaan ekosistem alam dan memelihara proses – proses ekologi maupun keseimbangan ekosistem secara berkelanjutan. Melindungi spesies flora dan fauna yang langka atau hampir punah.

“Untuk melindungi ekosistem dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor alam, mikro organisme dan lain-lain,” ungkap Gubernur Longki.

Sementara, Ketua Fraksi Gerindra, Abdul Karim berharap dengan adanya Kepmen ini, pengelolaan kawasan konservasi dan pulau – pulau di Sulteng bisa lebih berkembang.

“Agar menjadi industri pariwisata ke depannya,” katanya.

Menurut Abdul Karim, Rankepmen dapat mendorong kawasan yang potensinya sangat luar biasa, selain itu juga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulteng.

Penulis : BOB

 

loading...