Jelang Pilkada 2020, FKUB Touna Imbau Jaga Kerukunan dan Toleransi Antar Agama

oleh -
Ketua FKUB Kabupaten Touna, Taslim DM. Lasupu, SP, MT (kedua dari kanan) saat menerima kunjungan Tim Polda Sulteng belum lama ini. [Ist]

Touna, PosRakyat.com – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Touna Provinsi Sulawesi Tengah, Taslim DM. Lasupu, SP,MT menyerukan tentang pentingnya membangun kerukunan antar agama dan menjaga toleransi antar umat beragama untuk mewujudkan kedamaian di Kabupaten Touna menjelang pelaksanaan pemilukada 2020 di Kabupaten Tojo Una Una.

“Kedamaian, ketentraman dan kebenaran adalah ajaran semua agama,” katanya dalam pertemuan dengan tim dari Polda Sulteng yg berkunjung ke kantornya belum lama ini.

Ia menegaskan bahwa mengajak warga masyarakat Kabupaten Tuona untuk menjaga toleransi beragama, dan toleransi adalah menghormati kepercayaan umat agama lain, namun tidak mengubah akidah atau kepercayaan seseorang.

Kepercayaan atas suatu kebenaran oleh umat atau penganut agama lain, kata Taslim DM Lasupu SP, MT yang merupakan Sekda Kabupaten Touna tersebut , tidak boleh atau tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun karena kepercayaan atau meyakini suatu kebenaran, adalah hak mutlak setiap manusia.

Karena itu, kata dia, untuk menjaga toleransi beragama, yang merupakan sikap saling menghormati dan menghargai antar penganut agama lain.

“Kita perlu realistis bahwa keberagaman yang terjadi adalah kehendak Tuhan, kehendak Allah SWT. Bukan kehendak manusia. Ini adalah sebuah realita yang ada dalam kehidupan, yang harus dihargai, dijunjung tinggi dan dihormati,” katanya. (Thio/ZF)