Lakpesdam NU Tolitoli Temukan Gudang di Duga “Timbun” 2300 Kardus Minyak Goreng

oleh -
oleh
Lakpesdam NU Tolitoli Temukan Gudang Yang di Duga "Timbun" 2300 Kardus Minyak Goreng. Foto: Ist

PosRakyat – Lembaga Kajian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Tolitoli Fahrul Baramuli menemukan minyak goreng subsidi kurang lebih 2300 kardus atau sekitar 26 ton di salah satu gudang di Kabinuang, Kelurahan Baru, kecamatan Baolan Tolitoli, Kamis 17 Maret 2022.

“Informasi dari masyarakat, sehingga kami langsung bergegas menuju lokasi gudang yang ada di Kabinuang Kelurahan Baru,” kata Fahrul.

Saat tiba di gudang lanjut Fahrul, pihaknya langsung menghubungi Kapolres Tolitoli AKBP. Ridwan Raja Dewa, dan Dinas Perdagangan Tolitoli untuk melaporkan salah satu gudang milik toko rukun sejahtera yang menyimpan 2300 kardus minyak goreng dengan berbagai kemasan.

“Kami langsung menghubungi Kapolres Tolitoli dan pihak Dinas Perdagangan untuk mengecek kebenaran minyak goreng yang tersimpan di dalam gudang, dan ternyata setelah di cek terdapat ribuan dus minyak goreng dengan berbagai kemasan,” tegas Fahrul.

Dengan adanya temuan minyak goreng subsidi yang jumlahnya sangat fantastis di tengah kesulitan masyarakat mendapatkan minyak goreng, pihaknya sangat berharap keseriusan Kapolres untuk menyelidiki dugaan penimbunan, apalagi kata Fahrul ada informasi sebelumnya pihak Polres berkordinasi dengan Dinas Perdagangan untuk melaksanakan operasi pasar dengan tujuan membantu masyarakat atas kelangkaan minyak goreng, namun pihak Dinas Perdagangan belum merespon dengan alasan belum ada stok minyak goreng.

“Kami berharap keseriusan Kapolres untuk menyelidiki dugaan penimbunan minyak goreng, apalagi ada surat edaran Kapolri untuk menindak tegas distributor yang menimbun minyak goreng,” pinta Fahrul.

Ia juga menduga ada permainan kotor yang dilakukan oleh distributor dan oknum Dinas Perdagangan karena mustahil Dinas Perdagangan tidak mengetahui jumlah minyak goreng yang di distribusi kepada pihak Distributor yang ada di Tolitoli, dan ada kemungkinan juga gudang gudang lain melakukan hal serupa melakukan penimbunan.

“Saya juga berharap Kapolres untuk mengecek gudang gudang lain, siapa tau terjadi hal serupa yang dilakukan oleh distributor menimbun minyak goreng,” pungkasnya.

Sementara Kapolres Tolitoli AKBP. Ridwan Raja Dewa. S.IK saat dikonfirmasi media ini terkait dugaan penimbunan minyak goreng di salah satu gudang menjelaskan, pihaknya langsung memerintahkan Kasat Reskrim untuk melakukan penyelidikan dan memasang pokice line gudang yang menampung ribuan kardus minyak goreng.

“Saya langsung perintahkan Kasat Reskrim untuk melakukan penyelidikan, namun kami belum dapat menyimpulkan apakah stok minyak goreng ini sengaja ditimbun atau tidak, apa modus dibalik ini,” Kata Kapolres Tolitoli saat turun langsung melakukan pemantau gudang.