Membanggakan, Tiga Siswi Asal Kota Palu Raih Piala Emas di Ajang Lomba Internasional di Thailand 

oleh -
oleh
Tiga Siswi Asal Kota Palu Raih Piala Emas di Ajang Lomba Internasional di Thailand. (Tangkapan layar)

PosRakyat – Prestasi membanggakan dari tiga siswi asal kota Palu, Sulawesi Tengah yang telah berhasil meraih medali emas di ajang lomba internasional Thailand Inventor (TID) tahun 2023.

Ketiga siswi kelas VII MTS An Nuur Buuts Palu Sulawesi Tengah ini bernama Titi Mutia Imamah, Putri Luthfiah Rizal dan Faizah Musfirah Musawir. Mereka mengikuti lomba tersebut di Bangkok Internasional Trade dan Exhibition Center dari tanggal 02 – 06 Februari 2023.

Baca Juga: Selingkuh dengan Stafnya, Wali Kota Toronto Mengundurkan Diri

Siswi tersebut berhasil meraih juara satu setelah menciptakan temuan yang diberi nama “Team Moss Acoustic Panels”. Alat ini menggunakan tumbuhan lumut sebagai bahan kedap suara dengan keunggulan produksi oksigen dalam ruangan.

Lomba yang dimenangkan ketiganya itu diikuti ratusan partisipan dari 42 negara yang mana berasal dari kalangan doktor dan profesor.

Baca Juga: Gakkum LHK Tindak Pelaku PETI di Gorontalo

Munculnya ide ini kata Putri Luthfia Rizal karena bisingnya di lingkungan mereka berada. Setelah itu, ia mendalami ilmu biologi dan mengajak temannya Fauzan serta Titik untuk menjadikan lumut sebagai penyerap suara bising dalam ruangan.

“Berawal suara bising dari kendaraan motor di sekitar kami sehingga menginovasi kami untuk mencari cara agar bisa meredam suara bising itu,” tutur Putri.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Turki dan Suriah

Lanjut Putri menambahkan, bahwa inovasi ini dia buat bersama kedua rekannya selama tiga bulan dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan serta membaca jurnal biologi dan membahas tentang tanaman lumut.