Pleno KPU Pasangkayu, Yaumil-Herny Agus (Yes) Ternyata Kalah di Kecamatan Ini!

oleh -
Komisi Pemilihan Umum Pasangkayu menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020/Dok/Edy Syam/

Posrakyat.com-Komisi Pemilihan Umum Pasangkayu menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020.

Rapat pleno terbuka dipusatkan di Aula Kantor KPU Pasangkayu dipimpin Ketua KPU didampingi sejumlah Komisioner KPU Pasangkayu, Kamis, 17 Desember 2020.

Ketua Bawaslu Pasangkayu, PPK se- Pasangkayu serta masing-masing perwakilan saksi Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pasangkayu ikut menyaksikan rapat pleno tersebut.

Dari hasil rapat pleno, tertuang dalam berita acara menunjukan Paslon Yaumil –Herny Agus (Yes) unggul dengan jumlah 36.787 suara.

Disusul Paslon Abdullah Rasyid – M Yusri Nur (ABRI) sejumlah 26.550 suara, kemudian suara paling rendah paslon Muhammad Saal – Musawir Az Isham (SALAM) sejumlah 21.478 suara.

Selain unggul perolehan suara, Paslon Yaumil –Herny Agus juga unggul pada 10 Kecamatan yang ada di Pasangkayu yakni, Bambalamotu, Baras, Sarudu, Dapurang, Duripoku, Bulutaba, Pedongga, Bambaira, Sarjo dan, Lariang. Cuma kalah di dua Kecamatan yakni kecamatan Pasangkayu dan Tikke.

Hasil pleno berdasarkan rekapitulasi model D.HASIL KECAMATAN-KWK dituangkan kedalam formulir model D.HASIL KABUPATEN/KOTA-KWK.

Dan ditetapkan dalam surat keputusan KPU Nomor: 592/PL.02.6-Kpt/7601/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab Pasangkayu tahun 2020.

Total suara sah berjumlah 84.815 suara, yang tersebar di 335 TPS dari 59 desa se-kabupaten pasangkayu. Untuk jumlah DPT dalam Pilkada pasangkayu kali ini dalam model A3-KWK berjumlah 95.946 yang terdiri dari 49.325 pemilih laki-laki dan 46.621 pemilih perempuan.***