Setelah 15 Tahun Menanti, Timnas Indonesia Akhirnya Lolos ke Piala Asia 2023 Usai Bantai Nepal 7-0

oleh -
Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai membantai Nepal 7-0. (Instagram PSSI)

PosRakyat – Timnas Indonesia akhirnya kembali akan berlaga di Piala Asia setelah 15 tahun dimana saat itu selalu terhenti di babak kualifikasi.

Setelah membantai Timnas Nepal dalam pertandingan Group A Kualifikasi Piala Asia, Timnas Indonesia dipastikan mendapat tiket ke Piala Asia 2023.

Dalam pertandingan di Stadion Jaber Al- Ahmad Internasional Stadium, Kuwait, Rabu, 15 Juni 2022 dini hari WIB, Timnas Indonesia menang telak 7-0.

Piala Asia 2023 akan menjadi kali kelima Timnas Indonesia tampil di ajang tersebut, sebelumnya Indonesia berkompetisi di tahun 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Dalam dua laga sebelumnya, Indonesia berhasil memetik satu kemenangan dan satu kekalahan.

Laga melawan Nepal, sebenarnya pasukan Merah Putih hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos ke putaran final berhasil memulai laga dengan sangat baik. Skuad Garuda bisa unggul cepat di menit keenam.

Asnawi Mangkualam menyodorkan umpan silang ke kotak penalti yang disambut dengan tandukan terarah oleh Dimas Drajad. Bola mengarah ke pojok kanan sekaligus menjebol gawang Nepal yang dikawal Deep Karki.

Indonesia memimpin 1-0. Indonesia mendapatkan keuntungan tambahan setelah pemain Nepal, Suman Aryal, mendapatkan kartu kuning kedua pada menit 33.

Indonesia pun unggul jumlah pemain yang membuat Witan Sulaeman dan kawan-kawan semakin leluasa dalam menekan pertahanan lawan. Terbukti, tim Merah Putih bisa menambah keunggulan di menit 43.

Asnawi kembali menjadi kreator dengan mengirim umpan ke tengah kotak penalti yang disambut oleh Witan Sulaeman dan dengan mudah menaklukkan Karki untuk kedua kalinya di laga ini. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Pasukan Merah Putih langsung tancap gas di babak kedua. Serangan demi serangan dilancarkan Saddil Ramdani dan kawan-kawan dan mengurung pertahanan Nepal.

Gol ketiga akhirnya didapat skuad Garuda dari kaki Fachruddin Aryanto memanfaatkan kemelut di depan gawang hasil dari situasi sepak pojok di menit 54.

Hanya berjarak semenit, giliran Saddil yang ikut berpesta dengan mengoyak gawang Nepal. Indonesia pun memimpin 4-0.

Tak berhenti di situ, Indonesia masih bertubi-tubi menggempur Nepal. Sayang, penyelesaian akhir yang buruk membuat setidaknya ada lima peluang terbuang percuma.

Beberapa dimiliki Pratama Arhan, Muhammad Rafli, hingga Elkan Baggott. Dengan determinasi tinggi tak kenal lelah, tim Merah Putih akhirnya menambah pundi-pundi golnya di menit 80.

Kali ini disumbangkan Elkan Baggott yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Semenit berselang, Indonesia semakin membuat Nepal hancur lebur lantaran mencetak gol keenam dari kaki Witan Sulaeman. Skor 6-0 menghiasi papan skor sementara.

Ternyata, setengah lusin gol dirasa belum cukup oleh Timnas Indonesia. Pasukan Shin Tae-yong menambah satu gol lagi di menit 90+1 melalui kaki Marselino Ferdinan. Indonesia pun lolos ke Piala Asia 2023 berkat kemenangan 7-0 atas Nepal.

Mereka mendapatkan jatah ke putaran final sebagai salah satu dari lima runner up terbaik. Ini juga merupakan pertama kalinya Indonesia lolos ke Piala Asia setelah absen selama 15 tahun lamanya.

Terakhir skuad Garuda tampil di Piala Asia pada 2007 silam ketika bertindak sebagai tuan rumah.

Berikut Susunan Pemain

Indonesia XI: Nadeo Argawinata (PG); Elkan Baggott, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam (Koko Ari Araya 83′), Pratama Arhan, Marc Klok (Marselino Ferdinan 46′), Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani (Irfan Jaya 76′), Witan Sulaeman, Dimas Drajad (Muhammad Rafli 46′).

Nepal XI: Deep Karki (PG); Shiva Gurung, Bikash Tamang, Suman Aryal, Sunil Bal, Arik Bista, Nir Kumar Rai, Pujan Uperkoti, Santosh Tamang, Rajan Gurung, Prince George Karki. ***