Usai Melantik 12 Pejabat di Jajaran Pemprov, Ini Tiga Pesan Penting Gubernur Sulteng

oleh -
oleh
Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Vera Rompas Mastura saat melantik 12 Pejabat Esalon II secara virtual di rumah jabatan Siranindi II, Jum'at 4 Maret 2022. Foto: Ist

PosRakyat – Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Dr. Hj. Vera Rompas Mastura secara resmi melantik dan mengambil sumpah 12 pejabat pimpinan tinggi pratama di Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), secara virtual dari rumah jabatan Siranindi II, Jl. Moh. Yamin Palu, pada Jumat 4 Maret 2022.

Sejumlah pejabat itu dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Nomor : 821.22/111/BKD-G.ST/2022.

Dalam sambutannya usai melantik 12 pejabat tersebut, gubernur menyampaikan selamat dan apresiasi kepada seluruh pejabat pimpinan tinggi pratama yang baru saja dilantik.

Selain itu, ada tiga poin menjadi penekanan gubernur kepada para pejabat yang dilantik tersebut.

Pertama, dalam memimpin harus menjadi pemimpin yang demokratis, mendengarkan dan menerima masukan dari bawahan, suka berdiskusi, tidak anti kritik, mampu berpikir out of the box dan juga perhatian ke bawahan.

Kedua, untuk meningkatkan fiskal daerah, mengentaskan kemiskinan dan memberdayakan masyarakat, maka telah dicanangkan program-program strategis seperti MoU antara pemerintah provinsi dengan BRI tentang penyaluran KUR kepada pelaku UMKM.

“Alhamdulillah telah nampak keberhasilan dari program ini, dengan penurunan angka kemiskinan Sulawesi Tengah sebesar satu persen. Sesuai data terbaru BPS tahun 2022, kemiskinan yang harus dientaskan tinggal 12 persen lebih,” terang gubernur.

Dalam kesempatan itu juga, gubernur menyampaikan bahwasanya Presiden Joko Widodo telah merestui perpanjangan program tersebut, mengingat manfaatnya yang begitu besar dalam kaitan pemulihan ekonomi nasional dari pandemi covid-19.