Mahasiswa Keperawatan Untad Magang di Yayasan Alkautsar Palu

oleh -
KEtua Yayasan Alkautsar Palu sesaat menerima mahasiswa Prodi Keperawatan Untad. FOTO : IST

PosRakyat – Mahasiswa Tingkat III Semester VI Program Studi (Prodi) DIII Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako, melaksanakan magang atau praktek kerja lapangan di Yayasan Alkautsar Palu, selama satu minggu atau terhitung di mulai dari tanggal 11-16 April, tahun 2022.

Dosen Pembimbing Ni Wayan Sridani, S.ST, M.Kes, menyebutkan, sebanyak 25 orang mahasiswa keperawatan tersebut akan melaksanakan praktik Klinik keperawatan Gerontik (Lansia) di yayasan Alkautsar Palu, dengan batas waktu selama satu minggu lamanya.

Ni Wayan menambahkan, atas nama lembaga kampus Universitas Tadulako melalui Fakultas Kedokteran Prodi Keperawatan, mengucapkan banyak terima kasih kepada ketua Yayasan Alkautsar Palu, yang telah bersedia dan menerima anak-anak mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan ilmunya melalui praktik klinik keperawatan gerontik (lansia) di Yayasan Alkautsar Palu.

“Mereka hanya satu minggu lamanya magang, mulai dari tanggal 11-16 April 2022, sebanyak 25 orang mahasiswa, dalam rangka melaksanakan praktik klinik keperawatan gerontik (Lansia) di Yayasan Alkautsar Palu,” kata Ni Wayan Sridani, Senin (11/4/2022).

“Ada beberapa jenis kegiatan yang akan dilaksanakan oleh anak-anak mahasiswa selama magang, diantaranya melakukan kegiatan asuhan keperawatan pada Lansia dengan tahapan yakni melakukan pengkajian, menyusun intervensi keperawatan, melakukan implementasi dan melakukan evaluasi asuhan keperawatan,” sebutnya.

“Selain itu, kegiatan lainnya yakni melakukan kegiatan terapi kognitif, melakukan kegiatan terapi aktivitas, melakukan kegiatan senam lansia serta yang terakhir ialah melakukan kegiatan Posyandu Lansia,” sambung Ni Wayan Sridani.

Untuk itu, pesan dia, seluruh mahasiswa yang magang agar bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang sudah terjadwal, dapat memberikan pemenuhan kebutuhan aktivitas, pemenuhan kebutuhan kognitif, pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan yang sangat mereka (lansia) butuhkan saat ini, serta hal-hal lainnya.

Ketua Yayasan Alkautsar Palu, Sabrin O Ladongi, S.Ag, MH, MM, dalam kesempatan yang sama, mengucapkan terima kasih pula atas kepercayaan dari lembaga kampus Untad, Fakultas Kedokteran, Prodi Keperawatan, yang telah memilih Yayasan Alkautsar Palu untuk melaksanakan praktik klinik keperawatan Gerontik.

Terlepas dari itu pula, selaku ketua Yayasan Alkautsar Palu, akan terus membimbing, membina serta mengarahkan mahasiswa yang magang, sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam menunjang terlaksananya kegiatan pelaksanaan praktik klinik keparawatan gerontik tersebut.

“Terima kasih kepada lembaga kampus Untad, semoga segala sesuatu yang berkenaan dengan kepratekan klinik keperawatan gerontik, bisa berjalan dengan lancar dan maksimal. Sehingga harapannya, mahasiswa dapat menyerap ilmu praktiknya sesuai dengan apa yang dialami dan diketahui di yayasan Alkautsar Palu, selama magang,” tutupnya.

Sumber: Sultengnews