PJN Wilayah I Sulteng Gerak Cepat Tangani Longsor Jalan Trans Sulawesi di Donggala

oleh -
Tampak alat berat tengah melakukan pembersihan material tanah bercampur batu yang menutupi badan jalan Trans Sulawesi di kabupaten Donggala beberapa waktu lalu. Foto: Dok. PJN Wilayah I Sulteng.

PosRakyat – Ruas jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan kabupaten Donggala dan kabupaten Tolitoli sudah bisa dilalui kendaraan setelah sebelumnya sempat terhambat akibat longsor dibeberapa titik yang menutupi badan jalan beberapa waktu lalu.

Tampak alat berat tengah melakukan pembersihan material tanah bercampur batu yang menutupi badan jalan Trans Sulawesi di kabupaten Donggala beberapa waktu lalu. Foto: Dok. PJN Wilayah I Sulteng.

Baca Juga: TNI AL Tolitoli Buka Posko Bantuan Korban Gempa di Sulbar

Diketahui, poros jalan Trans Sulawesi yang sempat terhambat di ruas Ogoamas – Tonggolobibi tepatnya di Desa Balukang, Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala, Sulteng akibat tingginya curah hujan sehingga menyebabkan terjadinya longsor berupa material tanah bercampur batu.

Baca Juga: Rombongan SMSI Sulteng Peduli Bertolak ke Sulbar dalam Misi Kemanusiaan

Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Sulteng, DR. Irfan Rifai, ST, MT mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat pihaknya segera menuju lokasi terjadinya longsor untuk melakukan pembersihan material tanah bercampur batu yang menutupi badan jalan tersebut.

Baca Juga: Jembatan Talise Palu Kembali Dibuka Untuk Lalu Lintas Umum

“PJN Wilayah I Sulteng dibantu kontraktor melakukan pembersihan jalan yang tertimbun saat itu. Dan kini sudah bisa dilalui kendaraan,” tuturnya, Sabtu, 23 Januari 2021.

Ia menambahkan, mengingat saat ini intensitas hujan di wilayah itu sangat tinggi kata dia warga masyarakat agar selalu berhati hati dalam beraktifitas terlebih saat turun hujan di ruas yang berpotensi terjadi longsor.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk berhati – hati saat melintas di ruas jalan tersebut ketika terjadi hujan deras. Hal ini demi mencegah terjadinya hal hal yang tidak kita inginkan bersama.” Pungkasnya.

Tidak hanya itu, berdasarkan pantauan media ini di lapangan beberapa hari lalu tepatnya di desa Balukang, kecamatan Sojol, kabupaten Donggala dimana akibat tingginya intensitas hujan saat itu, selain menyebabkan longsor yang menutup badan jalan juga menyebabkan banjir yang merendam ratusan rumah warga.***