Pra Popnas Zona V Mendapat Dukungan Penuh dari DPRD Sulteng

oleh -
oleh
Mewakili Ketua DPRD Sulteng, Sekretaris Komisi IV DPRD Sulteng, Dr. I Nyoman Slamet, S.Pd M.Si bersama Anggota DPRD Sulteng Abdul Karim Aljufri menghadiri pembukaan Pra Popnas Zona V di Sulteng. FOTO : HUMPRO DPRD SULTENG

PosRakyat – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (DPRD Sulteng) mendukung penuh kegiatan pelaksanaan Pra Popnas Zona V di Sulteng yang bertempat di gedung Gelora Bumi Kaktus (GBK) pada Selasa, 8 November 2022.

Acara yang di buka langsung oleh Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura tersebut juga dihadiri Sekretaris Komisi IV DPRD Sulteng, Dr. I Nyoman Slamet, S.Pd M.Si yang mewakili Ketua DPRD Provinsi Sulteng, Dr. Hj. Nilam Sari Lawira, SP. MP bersama Anggota DPRD Sulteng lainnya yakni Abdul Karim Aljufri.

Kegiatan Pra Popnas tersebut di ikuti oleh peserta pelajar dari luar Provinsi Sulawesi Tengah diantaranya, Provinsi Papua sebanyak 103, Provinsi Papua Barat 60 peserta bersama Official, Provinsi Maluku 46, Provinsi Maluku Utara 160 peserta bersama Pelatih dan Official, Provinsi Gorontalo 115 Atlet bersama Official dan pelatih, Provinsi Sulawesi Utara 147, dan tentunya Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 166 Atlet bersama Official pelatih  dan sekaligus Sulawesi Tengah selaku tuan rumah.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah, Irfan Arianto, M.Si melaporkan bahwa, kegiatan Pra Popnas Zona V Sulteng Tahun 2022 kali ini sebagai bentuk penyaringan Prestasi Olahraga yang ada di Zona V.

Adapun cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan yakni basket ball, voly ball, sepak takraw, bulu tangkis, tenis lapangan, tinju, pencak silat, dan sepak bola.

Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Kemenpora, Dr. Bayu Rahadian sangat mengapresiasi Gubernur H. Rusdy Mastura beserta jajarannya yang telah menyiapkan seluruh pelaksanaan kegiatan Pra Popnas Zona V di Sulteng dengan baik dan sunguh-sungguh.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga merupakan babak kualifikasi menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Tahun 2023 di Sumatera Selatan.

“Setiap dari pemenang dalam Pra Popnas Zona V di Sulteng ini akan di bawa langsung menuju POPNAS XVI Tahun 2023 di Sumatera Selatan,” tuturnya.

Menurutnya, sesuai Tema Pra popnas “Berprestasi Untuk Negeri” Penyelenggara Pra Popnas Zona V Tahun 2022 ini selaras dengan Desaign Besar Olahraga Nasional (DBON) yang di harapkan mampu melahirkan Atlet-atlet mudah Potensial untuk pembangunan Keolahragaan Nasional di masa depan.

“Kegiatan ini merupakan pembinaan jangka panjang yang harus di tekuni. Dan  manfaatkan ini dengan baik demi mimpi berprestasi di ajang yang lebih prestisius,” harap <span;>Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek.

Pada pembukaan Pelaksanaan Pra Popnas itu gubernur juga tak lupa mengucapkan salam olahraga dan Salam Pancasila kepada seluruh yang hadir. Gubernur Rusdy berharap, untuk seluruh Peserta Pra Popnas  yang hadir saat ini bisa tembus dalam pelaksaan Popnas Di Medan, Sumatera Selatan.

“Selamat datang kepada semua kontingen Pra Popnas di Sulawesi Tengah, kiranya dalam pelaksaaan Pra Popnas ini dapat menjunjung tinggi persaudaraan dan solidaritas, terutama Sportifitas dalam Bertanding,” tutur gubernur.

Gubernur mengatakan, saat ini Sulteng selalu mendorang kegiatan olahraga  untuk dapat berdaya saing dengan daerah lain. Kemudian kedepan Sulteng akan menambah fasilitas-fasilitas olahraga.

Pra Popnas ini kata gubernur, sarana penting untuk melihat dan mengevaluasi sudah sejauh mana capaian pembinaan yang di laksanakan di daerah selama ini, melalui pembinaan secara teratur, terukur dan berkesinambungan.

Olehnya itu, Kementrian Pemuda dan Olahraga bersama Pemerintah Provinsi Sulteng melalui Dinas Pemuda dan Olahraga se Indonesia telah membentuk sentra-sentra pembinaan Atlet Pelajara dan Mahasiswa berbakat dan berprestasi yaitu, PPLP, PPLPD, PPLM, dan sekolah Keberbakatan Olahraga.

Gubernur H. Rusdy Mastura juga berharap, para Atlet Pelajar agar tetap seimbang menjalani pendidikan di sekolah serta pendidikan di olahraga karena keduanya sama-sama penting untuk meraih sukses karena semua akan menjadi generasi muda yang tangguh dan berdaya saing.

Sedangkan Sekretaris Komisi IV DPRD Sulteng, I Nyoman Slamet berharap pada pembukaan Pra Popnas Zona V di Sulteng bisa berjalan dengan lancer.

“Harapan kami adalah semua peserta dapat melakukan kegiatan olahraga ini dengan baik dan bertanding secara sportivif,” ujarnya.

DPRD Sulteng berharap atlet Sulteng bisa mewakili atau membawa nama baik di daerah Sulteng, karena menurut I Nyoman Slamet atlet Sulteng bisa unggul dan juga sebagai tuan rumah juga tentunya DPRD Sulteng berharap lebih pada peningkatan prestasi dan memberikan atau menunjukan kepada tamu-tamu yang hadir bahwa Sulteng adalah salah satu daerah yang ramah, daerah yang memiliki kepedulian terhadap bidang olahraga dan yang sangat nantinya mendapatkan prestasi dan bisa mewakili Sulteng ke tingkat nasional.

“Sesuai harapan pak gubernur, kita akan lebih meningkatkan olahraga prestasi ini untuk bisa di tingkatan ke nasional. Itu tidak hanya memperoleh medali seperti yang kemarin, tapi yang akan lebih meningkat lagi di tahun-tahun berikutnya,” harapnya.

DPRD Sulteng juga mendukung pembangunan fasilitas olahraga seperti yang disampaikan gubernur, karena olah raga juga merupakan kebutuhan masyarakat.

“Secara kelembagaan, DPRD Sulteng akan memberikan dukungan atau support berkaitan dengan apapun yang menjadi kebutuhan masyarakat khususnya bidang olahraga,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Politisi asal Parimo ini mengajak kepada seluruh masyarakat agar mendoakan semua atlet, official, dewan juri dan juga semua yang terlibat dalam Pra Popnas selalu dalam lindungan Tuhan dan dapat melaksanakan aktivitas dengan baik, sehingga sampai akhir kegiatan dapat memberikan kesan positif kepada tamu-tamu agar bisa memberikan semacam nilai plus termasuk daerah yang aman, daerah yang maju, daerah yang bisa memberikan perhatian khususnya pada bidang olahraga di Sulteng.

Di akhir acara pembukaan Pra Popnas Zona V di Sulteng, juga dimeriahkan oleh band-band lokal Kota Palu yang dimana mengisi acara dengan lagu-lagu daerah dari setiap provinsi yang bertanding di Sulteng menambah semangat untuk para peserta dari setiap daerah provinsi yang datang ke Sulteng untuk bertanding.

Diakhir acara tersebut, Gubernur H. Rusdy Mastura yang akrab disapa Kak Cudi pada berkesempatan itu juga memberikan cendera mata kepada Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Kemenpora, Dr. Bayu Rahadian. ***