Ini Sederet Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

oleh -

PosRakyat – Timun suri menjadi salah satu buah yang dicari selama bulan Ramadhan untuk berbuka puasa. Rasanya yang segar membantu melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Buah ini mengandung banyak air dan memiliki daging buah yang lembut, sehingga bisa diolah untuk campuran menu es buah untuk berbuka puasa.

1. Melegakan Tenggorokan
Untuk menu berbuka puasa, timun suri adalah pilihan yang tepat. Kandungan air pada buah ini langsung bisa membantu melegakan tenggorokan yang kering karena 12 jam tidak minum.

Kesegaran buah ini bisa menghindarkan Anda dari radang tenggorokan yang mengganggu. Memang buah ini rasanya cenderung hambar dan tidak manis.

Untuk itu Anda bisa menambahkan sedikit sirup atau gula bila ingin menjadikannya sebagai minuman. Tapi akan lebih baik jika buah ini dimakan langsung tanpa ditambah gula. Lebih sehat tentunya.

2. Menghidrasi Tubuh
Kandungan air yang tinggi pada timun suri juga membuat buah ini bermanfaat untuk menghidrasi tubuh. Kurangnya asupan cairan ketika berpuasa menyebabkan tubuh kamu juga rawan dehidrasi.

kandungan air yang melimpah pada buah timun suri bisa membantu mengembalikan cairan tubuh kamu yang hilang selama berpuasa, sehingga kamu pun bebas dari dehidrasi.

3. Melancarkan Pencernaan
Selain kandungan air yang tinggi, timun suri juga kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Biasanya pada saat berpuasa seseorang cenderung sembelit.

Buah ini sangat baik untuk kamu konsumsi dan jadi solusinya untuk Anda yang mengalami masalah pencernaan.

4. Tingkatkan Imunitas
Timur suri ternyata juga kaya akan Vitamin C, lignan, flavonoid, dan beta karoten yang berperan sebagai zat anti-inflamasi. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacist mengungkap buah yang termasuk dalam golongan Cucurbitacea, termasuk timun suri memiliki kandungan antioksidan yang memang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

5. Mencegah Penyakit Alzheimer
Timun suri juga ternyata kaya akan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan sendi. Selain itu, vitamin K juga disinyalir berfungsi sebagai obat untuk mencegah terjadinya kerusakan neural pada otak yang mengacu pada terjadinya penyakit Alzheimer.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah timun suri dalam porsi yang tepat akan membantu kamu terlindung dari penyakit Alzheimer. ***