Menurut Jubir, Begini Penyebaran Covid -19 di Sulteng

oleh -
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Tengah, dr. Jumriani. [ Foto : Ist]

PALU, PosRakyat.com – Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Tengah, dr. Jumriani menyampaikan kondisi terkini situasi Covid-19 di Sulteng. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 220 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 30 orang.

“konfirmasi positif ada 22 orang, yang dinyatakan meninggal ada 3 orang, dan dinyatakan sembuh ada 2 orang,” ungkap Jumriani, Kamis (16/4/2020).

Jubir yang juga Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sulteng ini mengatakan, ada pula Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berada di sekitar yang merupakan sumber penularan dari Covid-19, sehingga Dinkes kabupaten dan kota se Sulteng sudah melakukan tracking ketat pada semua kontak erat pasien terkonfimasi positif.

“Disiplin untuk penggunaan masker harus kita tingkatkan, disiplin untuk social distancing harus kita tingkatkan, disiplin untuk physical distancing harus kita tingkatkan,” katanya.

Jumriani menyebutkan penyebaran Covid-19 di Sulteng bukan lagi disebabkan oleh kasus import yang dibawah oleh orang di luar Sulteng.

“Penyebaran virus ini sudah melalui orang ke orang (transmisi local) yang ada di Kota Palu,” jelas Jumriani.

Untuk itu, Ia mengharapkan agar masyarakat dapat mematuhi seluruh imbauan yang disampaikan oleh Pemerintah, TNI dan Polri, karena penghentian penyebaran Covid-19 ditentukan dari kepatuhan masyarakat untuk disiplin. [BOB]