Ternyata Rasulullah SAW diriwayatkan suka minum Susu Kambing

oleh -
Susu kambing etawa khas Indonesia.

Posrakyat.com— Diriwayatkan para sahabat, Rasulullah SAW pernah mengonsumsi susu sapi, susu kambing dan susu unta. Bahkan secara khusus, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk minum susu sapi.

“Hendaklah kalian minum susu sapi karena ia makan dari setiap pohon.” (HR. Ahmad, Hakim dan Ibnu Hibban).

Dari ketiga jenis susu hewani ini, Rasulullah SAW diketahui paling menyukai susu kambing. Dalam beberapa kesempatan, Rasulullah SAW lebih memilih minum susu kambing dibandingkan susu unta maupun susu sapi.

Rasulullah SAW ternyata penggemar susu kambing, sunah ini bisa diikuti umat muslim karena susu kambing mengandung banyak manfaat. Selain itu, susu juga minuman yang tercatat dalam Al-Quran.

Dilansir detikcom, beberapa bukti diceritakan oleh para sahabat kalau Rasulullah SAW lebih mengutamakan konsumsi susu kambing. Saat perjalanan hijrah ke Madinah, tepatnya di Gua Tsur, Rasulullah SAW dan Abu Bakar menikmati susu kambing.

Demikian juga ketika menjelang tiba di Madinah, Rasulullah SAW memilih menikmati susu kambing. Saat Rasulullah SAW tiba di perkemahan Ummu Ma’bad, beliau merasa lapar dan haus, lantas disuguhi daging unta.

Namun begitu melihat kambing, Rasulullah SAW minta memerah susunya. Di sini sebuah mukjizat terjadi, Ummu Ma’bad mengatakan kalau kambing tersebut sudah tidak bisa menghasilkan susu. Tapi begitu Rasulullah SAW membaca basmalah dan memerah susu kambing ternyata keluarlah susu segar.

Susu ini bahkan cukup banyak, bisa dinikmati Rasulullah SAW, Abu Bakar bahkan sahabat lain yang ada di tempat tersebut.(**)