Trotoar Jalan Diponegoro Palu Disoal, Begini Kata PPK Satker PJN Wilayah II

oleh -
Tampak paving block trotoar jalan Diponegoro kota Palu rusak dan berserakan. Foto: PosRakyat.com

PosRakyat – Baru beberapa bulan selesai dikerjakan proyek jalan nasional dalam Kota Palu tepatnya di jalan Diponegoro tampak pada item pekerjaan trotoar sudah mengalami kerusakan.

Diketahui, proyek tersebut dimulai sejak tahun 2019 hingga April 2021 ini dikerjakan salah satu perusahaan plat merah yakni PT Nindya Karya, menggunakan anggaran APBN senilai Rp165.640.728.000, dengan nama paket Rehabilitasi dan Rekontruksi Ruas Jalan Tompe-Dalam Kota Palu-Surumana.

Paving block trotoar jalan Diponegoro kota Palu amblas. Foto: PosRakyat.com

Sementara hasil pantauan media ini di lokasi pekerjaan, Minggu 1 Agustus 2021, tampak paving block yang terpasang pada item pekerjaan trotoar di sejumlah titik sepanjang jalan Diponegoro Kota Palu itu saat ini terlihat amblas dan sebagian lagi paving bloknya berserakan.

Salah seorang warga bernama Dadang yang ditemui media ini saat berada di lokasi pekerjaan jalan Diponegoro mengaku heran dengan paving block trotoar yang sudah rusak.

Paving block trotoar jalan Diponegoro kota Palu amblas. Foto: PosRakyat.com

“Kami juga heran paving block trotoar ini sudah ambles dan berantakan, padahal baru sekitar kurang lebih 3 bulan selesai dikerjakan sudah rusak begini. Kami berharap kerusakan ini bisa segera diperbaiki,” tuturnya.

Selain itu ia menambahkan, terkait dengan grill penutup saluran atau manhole yang hilang dicuri maling. Semoga bisa diganti dan dipasang kembali. Menurut dia kalau tidak segera dipasang penutup, ini bisa membahayakan pejalan kaki yang bisa saja terjatuh kedalam saluran itu.

Manhole trotoar jalan Diponegoro hilang dicuri maling, dan belum di ganti. Foto: PosRakyat.com

“Penutupnya harus diganti dan dipasang kembali karena ini berbahaya buat pejalan kaki khususnya bagi anak-anak. Semisal, kalau anak – anak terjatuh disitu bertepatan saluran full terisi air, bisa bisa mati itu anak pak.” Terang Dadang.

Menanggapi hal tersebut PPK Satker PJN Wilayah II BPJN Sulteng, Rhismono saat dihubungi via WhatsApp mengatakan, pihaknya telah mendata sejumlah kerusakan dan juga sudah menyurat kepada pihak kontraktor untuk segera dilakukan perbaikan.

Tampak trotoar jalan Diponegoro Kota Palu tidak dipasang paving block. Foto: PosRakyat.com

”Beberapa tempat ambles disebabkan alih fungsi trotoar digunakan sebagai tempat parkir roda empat yang seharusnya sebagai jalur pedestrian (pejalan kaki). Namun beberapa tempat, ada juga yang ambles akibat penurunan paving,” kata Rhismono, Sabtu 31 Juli 2021.

Rhismono menambahkan, selaku PPK dirinya akan terus memerintahkan perbaikan atas kerusakan kerusakan yang terjadi selama masa pemeliharaan tersebut.***

Penulis: Zulfitra