Memuji Manusia dan Memuji Tuhan

oleh -
Usman Hasan

Oleh : Usman Hasan


Memuji itu wajar. Atasan memuji bawahan karena prestasi kerja. Kemudian bawahan memuji atasan disebabkan kebijakan yang cemerlang serta sifat mengayomi . suami memuji istri sebab masakannya enak sekali. Artinya pujian diperlukan. Kalau setiap hari hanya disalahkan. Makanan kurang  garamnya, rumah berantakan.  Ndak pernah dipuji. Ya bosanlah . ndak mungkin seumur hidup hanya yang kurang baik , yang jelek. Pasti ada yang bagus-bagus. Masalahnya suami pelit pujian. Dengan kata lain, tidak suka jujur dari satu sisi, pujian  ada keterkaitan dengan sifat kejujuran. Rumah bersih, lantai mengkilap, halaman rumah banyak kembang tertata rapi, eh ndak .

Gimana Tuhan. Apa senang dipuji ? Tuhan ndak bisa diumpamakan dengan manusia. Kalau manusia ada sifat salah. Tapi ada sifat benar juga. Ada malasnya, ada rajinnya. Kan gitu. Makanya ketika positif ya dipujilah. Tapi berbeda dengan Tuhan yang memiliki kesemuanya. Maha besar, maha adil, maha hebat, maha sempurna. Jadi memuji Tuhan tidak ada keterkaitan dengan prestasi yang gemilang.  Memuji Tuhan adalah ibadah, pengabdian, pengakuan atas kelemahan hamba. Hanya Tuhan yang maha mengidupkan dan maha sempurna.

Nabi Yunus  tidak mengeluh kelaparan. Dia  bergelut dengan  kegelapan dalam perut ikan . Nabi Yunus memuji Allah dan memposisikan diri sebagai orang zalim.simak doa nabi yunus :

“Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin” : ” Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.” Dengan pujian  itu Allah mengeluarkannya dari perut ikan.

berbeda denga kebanyakan manusia. Mengeluhkan kesempitan hidup. “ya Tuhan, beras tinggal sedikit. Besok mau makan apa ? bagaimana nasib pisang yang saya tanam. Ini kemarau panjang.dirusak  sapi. ada juga yang berdoa, “sudah capek saya kenak debu setiap hari mengendarai motorku yangt “peko-peko”, berikan rejeki supaya dapat beli mobil. Mungkin ada juga yang berdoa , ya Tuhan . saya ini sudah dua kali calon bupati tapi ndak lolos-lolos. Tolong untuk kali ini. Berikan kelancaran saya menuju orang nomor satu dinegeri ini.

Ya mungkin ndak ada salah doa seperei diatas. Namanya saja permintaan. Boleh saja.

loading...