Ada Bocoran, Ini Agenda Pendaftaran Prakerja Gelombang 12

oleh -
Program Prakerja

Jakarta, Posrakyat.com– Program Prakerja masih cukup tinggi diminati masyarakat saat ini, bahkan antusias masyarakat masih cukup tinggi.

Terbukti, masih banyak yang menanyakan kapan Prakerja gelombang 12 akan dibuka, dalam waktu dekat.

Diketahui, Prakerja merupakan program pemerintah menyiapkan generasi muda menghadapi dunia kerja, dengan bantuan sosial akibat dampak dari Covid-19.

Ditargetkan, program ini bisa mengcover 5,6 juta peserta tahun ini dengan anggaran sebesar Rp20 trilun. Penerimaan ini ditargetkan akan selesai dalam 10 gelombang pendaftaran. Namun dalam pelaksanaan jumlah peserta tak tercapai dalam 10 kali gelombang pendaftaran.

Sebabnya, beberapa peserta dicabut kepesertaan karena tak membeli paket pelatihan pertama. Prakerja gelombang 11 pun diadakan dan ditutup pada 4 November lalu. Hampir 400 ribu peserta yang tergabung dalam gelombang pendaftaran tambahan ini.

Head Communication Manajemen Pelaksana Program Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, sampai dengan pembukaan gelombang 11 telah menyerap seluruh anggaran sebesar Rp20 triliun.

“Dengan pembukaan gelombang 11, seluruh dana Rp20 triliun sudah terserap. Pengembalian dana, kalau ada, baru akan diketahui pada akhir Desember,” ujar Louisa Tuhatu, (16/11/2020), dilansir dari Jurnalnews.Id.

Louisa Tuhatu menambahkan, pembukaan pendaftaran Prakerja gelombang 12 akan dilakukan tahun 2021.

“Saat ini Manajemen Pelaksana Prakerja sedang menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja mengenai kuota peserta dan anggaran yang disiapkan,” tambahnya.

Terkait pelaksanaan Prakerja kelas online, Louisa Tuhatu menjelaskan “masih dalam pembahasan, memastikan sesuai dengan kebijakan penanganan Covid-19.

Selain itu, dana pelatihan yang dialokasikan untuk tahun ini adalah Rp 1 juta sehingga kami masih menunggu apakah ada lembaga pelatihan yang menawarkan pelatihan luring dalam budget itu. (*)