Bupati Bersama Kementan Panen Jagung di Lahan 50 Ha

oleh -
Direktur Perbenihan Kementrian Pertanian (Kementan) Edi Purnawan, S.P., M. SC bersama Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH., MH, saat melakukan panen jagung di Desa Labuan Toposo, Kecamatan Labuan, Rabu (10/3). Foto: Jamrin AB

PosRakyat – Direktur Perbenihan Kementrian Pertanian (Kementan) Edi Purnawan, S.P., M. SC bersama Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH., MH, didampingi Direktur PT. Mulia Argo Sarana (PT. MAS) Ir. Bambang melakukan panen jagung di lahan seluas 50 hektar di Desa Labuan Toposo, Kecamatan Labuan, Rabu (10/3) lalu.

Baca Juga: 34 Personil Polda Sulteng Lulus Seleksi SIP

Pada kesempatan itu, Direktur PT. Mulia Agro mengatakan, meskipun Donggala diliat sudah maju tetapi sebagian petani masih membajak dengan menggunakan sapi. Oleh karena itu, para petani yang ada di Donggala khususnya Labuan Toposo membutuhkan Alsintan dan perbaikan irigasi untuk meningkatkan produksi pertanian.

Baca Juga: Gubernur Sulteng Tetap Laksanakan Pelantikan

“Kami siap membantu untuk mensukseskan Donggala, sebagai pusat benih dan kita dukung semua semangat Bupati untuk menjadikan Donggala sebagai wilayah pertanian yang paling maju di Sulawesi Tengah,” kata Bambang.

Baca Juga: Soal Vaksin Nusantara, DPR RI Sebut BPOM Tidak Independen

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah yang disampaikan oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan Ir. Retno Ningtias M. Si, mengatakan bahwa selaku dinas yang membidangi Tanaman Pangan Provinsi Sulawesi Tengah, sangat mendukung kegiatan tersebut dan sangat membutuhkan benih untuk di Provinsi Sulteng.

Untuk itu, perlu juga ada penangkar-penangkar lain baik itu di Kabupaten Donggala maupun di kabupaten lain guna memenuhi kebutuhan benih yang ada diProvinsi Sulawesi Tengah, baik yang diperlukan oleh pemerintah maupun yang akan dibeli swadaya oleh masyarakat.

Ia berharap benih-benih yang ada di Donggala, bisa membantu Pemerintah Provinsi Sulteng, dalam hal memenuhi kebutuhan pengadaan benih padi, jagung dan kedelai maupun benih-benih lainnya.

Pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Sulteng mendukung kegiatan tersebut dan  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, kecamatan dan juga kelompok tani yang mau maju untuk memproduksi benih unggul di daerahnya.

Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Edi Purnawan, SP., M. SC, dalam sambutannya menambahkan bahwa  bagaimana program perbenihan di seluruh Indonesia daerah sentral-sentral penanaman jagung misalnya Sulawesi bisa menghasilkan Jagung Hibrida itu sendiri.

“Jadi yang ini kami canangkan di Sulawesi Tengah, kemudian ada di Sulawesi Utara dan Kalimantan Selatan di harapkan bisa membantu untuk memproduksi benih Jagung Hibrida dan kami mohon dukungannya dari semua pihak dan semoga sukses usaha ini untuk Indonesia ke depannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bupati Donggala  Kasman Lassa, mengatakan pembangunan pertanian diarahkan pada upaya peningkatan produksi dan produktifitas hasil pertanian. Untuk mencapai tujuan tersebut, sesuai tugas pokok dan fungsi Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI, dilaksanakan program Pengembangan Petani Produsen Benih Tanaman (P3BT) berbasis Koorporasi.

Kegiatan P3BT berbasis koorporasi tersebut, juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pengembangan dan peningkatan produksi benih, khususnya komoditi jagung. Karena jagung merupakan salah satu komoditi unggulan di Daerah Kabupaten Donggala, sehingga ke depan Bupati berharap dapat memberikan kontribusi benih jagung yang lebih besar, terhadap perkembangan petani penangkar dan mengurangi kesenjangan serta memperluas kesempatan kerja, sehingga mampu memanfaatkan semua peluang yang ada saat ini.

Bupati juga menyarankan kepada penyuluh pertanian sebagai motivator dalam pembangunan pertanian, di Wilayah Kabupaten Donggala hendaknya mampu menumbuh kembangkan rasa kebersamaan, dalam mengelola pertanian dengan inovasi dan teknologi yang sesuai dengan ramah lingkungan. Sehingga bisa memberikan manfaat  dari lahan yang dikelola dan diupayakan lahan-lahan yang ada untuk berproduksi, tidak ada lagi lahan-lahan yang menganggur yang tidak memberikan manfaat apa-apa.

Baca Juga: Mantan Menteri Edhy Prabowo Beri Mobil dan Sewakan Apartemen Untuk Sespri Perempuan

Baca Juga: Menaker Upayakan Pencairan BSU BPJS Ketenagakerjaan Tahun Ini

“Saya selaku Bupati merasa berbangga pada masyarakat petani jagung, pada kegiatan P3BT berbasis koorporasi di Wilayah ini, yang sudah melakukan penangkaran benih jagung dan melakukan kerja sama kepada PT. Mulia Agro Mulia,” tutup Bupati.

Pada kegiatan panen jagung tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan Kab. Donggala, Kepala Dinas Tanaman Pangan Kab. Donggala, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Donggala, Camat Labuan, Danramil 1306 Labuan, Kapolsek Labuan dan Kepala Desa Se-Kecamatan Labuan.***

(JAMRIN AB)