Cegah Tindak Pidana Korupsi dan Penyalahgunaan Narkoba; Kacabjari Laksanakan Penyuluhan Hukum Dilingkup Pendidikan Tolitoli

oleh -
Penyuluhan Hukum oleh Cabang Kejaksaan Negeri Tolitoli Utara, yang bertempat di SDN 2 Dongingis.

Palu, Posrakyat.com – Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Kacabjari) Tolitoli Utara, Joni Saputra, S.H, memberikan penyuluhan hukum dan pencerahan hukum kepada para kepala sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) sekecamatan Tolitoli Utara. Kegiatan ini bertempat di ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Dongingis, kecamatan Dakopamean. Jum’at, 22 Maret 2019.

“Melalui penyuluhan hukum dan penerangan hukum ini, turut membantu program pendidikan. Sehingga dapat bersama-sama memaksimalkan program jaksa masuk sekolah,” jelas Joni Saputra di hadapan para undangan sosialisai di lingkup Dinas Pendidikan.

Kegiatan yang di motori kejaksaan tersebut, mengusung tema bertajuk “penerangan hukum guna pencegahan tindak pidana korupsi, ” hal ini sebagai respon bersama antara Kejaksaan dan Dinas Pendidikan guna pencegahan tindak Pidana Korupsi dan penyalahgunaan Narkotika di jajaran Dinas Pendidikan kabupaten Tolitoli.

Dalam kesempatan yang sama juga turut hadir kepala Seksi Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Pendidikan Kabupaten Tolitoli, Taufik dan Adrian selaku koordinator wilayah Tolitoli Utara.

“Melalui penyuluhan dan penerangan hukum dari kejaksaan sangat membantu program pendidikan dalam mengimplementasi setiap kegiatan di lapangan, sebagaimana permendikbud nomor 3 tahun 2019, dimana banyak perubahan dalam juklak maupun juknis pada pengelolaan dana BOS, Sehingga penggunaannya di lingkungan Dinas Pendidikan agar lebih hati-hati dalam menggunakan anggaran yang diberikan Pemerintah sesuai peruntukkannya.” Terang Taufik dihadapan tamu undangan.

Program ini diluncurkan sebagai respon bersama antara Kejaksaan Negeri Tolitoli Utara dengan Pihak Dinas Pendidikan Kecamatan Dakopamean yang berupaya dalam pencegahan tindak pidana korupsi pada Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Selain itu, MOU ini juga untuk mencegah tindak pidana penyalahgunaan narkotika khususnya di sekolah-sekolah pada tiap-tiap tingkatan .

“Dalam pelaksanaan kegiatan nantinya, maka jaksa-jaksa pada Kejaksaan Negeri Tolitoli Utara akan melakukan kegiatan Penerangan Hukum dan Penyuluhan tentang pengelolaan dana Baantuan Operasional Sekolah (BOS) dan tindak pidana narkotika di seluruh sekolah-sekolah yang ada di kecamatan Tolitoli Utara

Joni Saputra menambahkan, program ini diluncurkan dengan tujuan semangat pencegahan dalam tindak pidana korupsi pengelolaan dana Bos dan tindak pidana narkotika menjadi prioritas Kejaksaan Negeri laulalang.

Penulis : Moh. Yusuf (Sahar)

loading...