LBH-Progeresif Desak Kejaksaan, Segera Keluarkan Surat Perintah Penahanan Kadis Transmigrasi Tolitoli

oleh -423 views
Ilustrasi

Tolitoli, Posrakyat.com – Lembaga bantuan hukum (LBH-Progresif) mendesak Kejaksaan Negeri Tolitoli segera mengeluarkan surat perintah penahanan kepada oknum Kepala dinas (Kadis) Transmigrasi Kabupaten Tolitoli yang telah ditetapkan tersangka dugaan tindak pidana korupsi.

“Jadi, kejaksaan harus segera mengeluarkan surat perintah penahanan terhadap Kadis Transmigrasi Tolitoli, yang telah diperiksa dan ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi ,” kata Direktur LBH-Progresif Tolitoli, Mahwan kepada media ini, Selasa (3/12/2019).

Menurutnya, penahanan yang tidak dilakukan terhadap tersangka, akan berpengaruh tidak efisiennya penegak hukum dalam melakukan proses penyidikan terhadap dugaan tersebut.

“Sebab, ketika tidak dilakukan penahanan. Tersangka dikhawatirkan akan mengulangi perbuatannya atau menghilangkan barang bukti yang berkaitan dengan dugaan kasus yang disangkakan kepadanya. Sehingga, tersangka tidak akan lagi kooperatif untuk mempermudah proses hukumnya,” jelasnya.

Kemudian, Mahwan juga menyayangkan sikap Sekertaris Daerah Kabupaten Toitoli, Mukaddis Syamsudin yang memberikan jaminan terhadap tersangka untuk ditangguhkan penahanannyan. Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi integritas pemerintahan.

Sementara itu, Kasi Intel, Kejaksanaan Negeri Kabupaten Tolitoli, Hazairin mengatakan pihaknya saat ini tengah menunggu perhitungan ahli baik dari BPK maupun BPKP, untuk menentukan kerugian atas dugaan tindak pidana korupsi tersebut, yang nantinya akan menjadi salah satu bukti untuk dituangkan dalam dakwaan.

“Kami akan melakukan penahanan terhadap tersangka setelah ada hitungan ahli. Sebab, secara aturan penahanan inikan waktunya singkat jangan sampai setelah kita melakukan penahanan. Kemudian, ahli membutuhkan waktu lama dalam melakukan penghitungan dan masa penahanannya habis tentu kami, secara administrasi akan repot,” tutupnya. (CIMOK/Dayat)

loading...