Soal Tambang Emas Ilegal, Agussalim : Segera Bentuk Tim Independen

oleh -
Advokat Rakyat, Agussalim, SH. Foto: Ist

PosRakyat – Advokat Rakyat Agussalim, SH mengajak kepada semua pihak untuk menyikapi hak rakyat atas sumber daya alam bagi penghidupan.

Baca Juga: Demokrat Sulteng Solid Dukung Ketum AHY, AH Bakal Pecat Kader Tak Loyal

“Soal legal atau Ilegal itu ranah rezim peraturan, bukan basis konstitusi sebuah negara hukum,” ujar Agussalim, Kamis, 4 Maret 2021.

Baca Juga: Camat Toribulu Diminta Belajar Ilmu Komunikasi

Lanjut Agussalim, bahwa tambang merupakan kebudayaan tertua dari anak negeri sejak kedatangan VOC, dan janganlah rakyat selalu disalahkan.

Baca Juga: Reses, Ketua DPRD Palu Serahkan Bantuan Kepada Warga

“Indonesia secara umum kita mengenal ada dua jenis aktifitas penambangan, yakni legal dan ilegal. Pertambangan ilegal ini kerap dilakukan oleh masyarakat, dengan metode-metode tradisional dan alat seadanya. Ternyata aktifitas penambangan legal yang mendominasi, dan perilaku ilegal masyarakat yang membahayakan, memunculkan sebuah alternatif baru dalam sektor tambang. Hal ini menciptakan pertambangan rakyat.” Kata Agussalim.

Sementara, terkait kejadian yang ada di desa Buranga, Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng beberapa waktu lalu itu, dirinya mengajak semua pihak untuk membentuk tim independen sebagai sebuah solusi bukan mencari kesalahan kesana kemari atas nama rezim peraturan semata.***