Dampak Pandemi Covid19 Terhadap Perekonomian

oleh -
Ilustrasi

Posrakyat – Pandemic Covid19 yang telah terjadi hampir diseluruh bagian dunia membawa dampak yang cukup besar bagi kehidupan termasuk perekonomian. Indonesia adalah salah satu yang mengalami penurunan perekonomian yang cukup signifikan.

Hal ini berdampak pada diberlakukannya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di beberapa perusahaan baik yang besar maupun kecil.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mencatat lebih dari 6 juta orang yang dirumahkan bahkan di PHK.

Dilansir CNBC Indonesia, perekonomian dunia saat ini masuk dalam kondisi terparah sejak perang dunia ke II, 60 tahun yang lalu. Tak hanya negara maju, negara berkembang juga mengalami kondisi yang sama. Dengan menurunnya angka perekonomian negara berkembang, Bank Dunia memprediksi bahwa pendapatan per kapita akan turun sebanyak 3,6%.

Kementerian Keuangan Indonesia memprediksi peningkatan angka kemiskinan akibat dampak pandemi yang terbesar di pulau Jawa. Mengingat pusat episentrum penyebaran virus Corona adalah pulau Jawa.

Bank dunia turut memprediksi penurunan perekonomian sebesar 7% di negara maju dan 2,5% di negara berkembang.

Namun, menurut Badan Pusat Statistik, Indonesia masih bisa tumbuh sebesar 2,97% yang merupakan angka lebih rendah dibanding kuartal I tahun lalu sebesar 5, 07%.

Meskipun demikian, Indonesia termasuk negara dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi jika dibandingkan beberapa negara lain. Seperti Malaysia, Thailand, China, Jepang, Jerman, Inggris, dan Singapura.

 

Editor : RE

loading...