DPRD Pasangakayu Usulkan Insentif Wartawan Liput Corona, Firman Berkelakar

oleh -
Herman Yunus, Anggota DPRD Pasangkayu

Pasangkayu, Posrakyat.com – Anggota DPRD Pasangkayu, Herman Yunus menyampaikan usulan agar Tim Gugus Covid-19 memberikan tambahan anggaran dalam peliputan corona.

Hal itu dia sampaikan sebagai wujud kepedulian saat RDP evaluasi kerja tim gugus covid-19 di ruang aspirasi, gudung DPRD Pasangakayu, Sulawesi Barat, Senin, 30 Maret 2020.

Menurut Herman, ini penting mengingat tugas wartawan khusus lokal sebagai penyalur informasi dalam liputan pencegahan corona, bisa membahayakan diri mereka.

“Maksud saya, kebijakan anggaran tambahan khusus peliputan penyebaran corona, diberikan sedikit kepada teman-teman pers sebagai vitamin untuk mereka bergerak di lapangan,” usul Herman.

Namun, Firman selaku Sekda Pasangkayu dan juga ketua gugus covid-19, menyambut usulan anggota DRPD Pasangkayu tersebut dengan kelakar.

“Sudah ada anggaran di Infokom (Kominfo). Kalau vitamin (untuk wartawan), minta saja di dinkes atau berjemur saja untuk mendapatkan vitamin D,” sambut Firman berkelakar.

Sebelum RDP, Herman sempat diskusi dengan sejumlah wartawan. Ia menyadari, tak dilengakapi APD, wartawan rentan terjangkit corona.

Karena, setiap saat mereka meliput dalam setiap kondisi tanpa peduli keselamatan diri mereka sendiri. Ini juga menjadi perhatian dari beberapa anggota DPRD lainnya, sebut saja Nasruddin, Saifuddin Andi Baso dan Mirwan.

Karena, penghasilan wartawan lokal tidak sebanding penghasilan dengan wartawan nasional, padahal anggaran media nasional yang disiapkan pemda cukup besar tapi absen dalam liputan corona.

Dan ini menjadi keluhan sebagian besar wartawan yang aktif liputan di Pasangakayu. Meski begitu, mereka hanya pasrah dengan kondisi ini.

Arham Bustaman

loading...