Gibran mulai unjuk gigi di dunia politik, Dinasti Politik?

oleh -
Gibran Rakabuming Raka (Foto : istimewa)

Posrakyat.com. Gibran Rakabuming Raka, putra pertama dari Presiden Jokowi Dodo, mulai unjuk gigi di kancah politik. Mengikuti jejak sang ayah, Gibran memulai kiprahnya sebagai calon Wali Kota Solo. Dilansir dari Liputan6.com, Gibran resmi menyerahkan berkas pendaftarannya sebagai calon Wali Kota Solo di DPD PDIP Jateng.

Menantu Jokowi, Bobby Nasution juga tak mau kalah dengan Gibran. Bobby Nasution resmi mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota Medan melalui DPP PDIP Sumatra Utara.

Munculnya kabar tersebut membuat beberapa orang beropini bahwa Jokowi tengah membangun dinasti politik. Namun, hal ini dibantah oleh Presiden Jokowi tersebut.

Kepala staf kepresidenan, Moeldoko, menjelaskan bahwa keterlibatan Gibran dan Bobby di dunia politik adalah hal yang wajar dan bukan upaya membangun dinasti politik.

Penjelasan ini tidak melarang masyarakat untuk memberikan opini mereka selama hal tersebut tidak lewat dari batas kewajaran.

Melalui Lembaga Survey Median yang dilakukan pada 3 s/d 9 Desember kepada 800 responden di Solo, Gibran memiliki elektabilitas yang cukup tinggi. Dalam hal ini, Gibran harus bersaing dengan Achmad Purnomo. Achmad Purnomo sendiri dikenal dengan pengalamannya di dunia politik dan sekarang tengah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo. Kedua kandidat tersebut terdaftar di partai politik yang sama, yaitu PDIP Perjuangan.

Dikutip dari CNN Indonesia, Rico Marbun, Direktur Eksekutif Median, menuturkan bahwa Gibran di pilih oleh masyarakat secara emosional sedangkan Achmad Purnomo dipilih secara rasional. Gibran dikenal sebagai anak muda, seorang pengusaha, dan anak presiden. Sedangkan Achmad Purnomo lebih dikenal dengan pengalamannya di kancah politik yang sudah lama digeluti.

Beliau  menambahkan, jika Gibran ingin menang, harus lebih kompeten dalam hal berpolitik.

Sementara itu, Pilkada serentak akan diadakan pada 23 September 2020.

 

Editor : Eno

loading...