Kegiatan Makesta di Sigi; Pelajar NU Harus Terdepan Tangkal Radikalisme, Hoax dan Narkoba

oleh -37 views
(Foto : Sigipos.com)

Sigi, Posrakyat.com – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sulawesi Tengah, melaksanakan kaderisasi kepada 120 pelajar di Kabupaten Sigi dalam kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA). Kegiatan tersebut dimulai sejak hari jum’at hingga hari senin (22-25),  bertempat di bumi perkemahan Paneki, Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru.

Kegiatan Makesta kali ini mengambil tema ‘menangkal radikalisme, Hoax dan Narkoba ditingkat pelajar,’ sangat diapresiasi oleh Pemerintah Kabupaten Sigi. Menurut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesramas Pemda Sigi, Andi Ilham mengatakan dalam sambutannya, bahwa IPNU diharapkan menjadi garda terdepan dalam mengajak dan membina pelajar, agar terhindar dari pemahaman radikal, bijak terhadap mengelola dan menyebarkan berita yang diketahui sumbernya serta tidak terpikat dengan narkoba.

“Kami dari pemerintah kabupaten, sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kami sangat terbantu dengan adanya proses pendampingan yang dilakukan oleh IPNU saat ini, kami harapkan IPNU bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam menangkal radikalisme, hoax dan narkoba,” terangnya.

Selanjutnya, ketua PW IPNU Sulteng, M Iqbal mengajak kepada siswa agar menghindari narkoba. Karena menurutnya, pelajar mempunyai masa depan yang cerah, akan tetapi, apabila sudah menggunakan narkoba, salah satu lampu yang menerangi masa cerah tersebut, akan padam.

Iqbal menambahkan, kegiatan Makesta kali ini menambahkan suasana materi yang berbeda. Biasanya, diisi materi materi tentang wawasan keislaman ahlussunnah waljama’ah, tapi kali ini ditambahkan dengan materi radikalisme yang dibawakan oleh Polda Sulteng, materi bijak dalam menerima dan menyebarkan informasi dari Kominfo Sulteng, Bahaya Narkoba merusak masa depan dari BNN Sulteng.

“Selain itu, kita juga mengundang Pemda Sulteng dan Pemda Sigi dalam dialog dengan tema menyiapkan pemimpin masa depan, harapannya anggota anggota IPNU dapat menjadi kader yang menjadi harapan bangsa,” harapnya.

Sementara, Ketua Panitia kegiatan, M Effendy mengatakan, kegiatan Makesta dilaksanakan selama 3 hari dalam bentuk kemah pelajar dari 7 sekolah. Yakni, SMAN 4 Sigi, SMAN 7 Sigi, SMAN 9 Sigi, MA Balamoa, MA Alkhairaat Bulubete, MA Alkhairaat Dolo dan MA Alkhairaat Mpanau.

“kami sangat berterimakasih kepada Bupati Sigi yang telah membantu, juga kepada Polda Sulteng, khususnya juga kepada Kanwil Kemenag Sulteng yang telah banyak membantu, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik,” katanya.

 

Sumber : Sigipos

Editor : Zoel

loading...