Pemkab Donggala Kembangkan Tanaman Kopi

oleh -
oleh
Ilustrasi

Donggala, Posrakyat.com – Menjamurnya warung kopi dan café di berbagai tempat terutama di Kota Palu saat ini menjadi peluang untuk pengembangan tanaman kopi. Kopi sebagai bahan minuman segala usia sangat menjanjikan dalam pemasaran bahkan menjadi komoditi ekspor sehingga sangat berprosfektif. Karena itu pula Pemerintah Kabupaten Donggala memprogramkan kembali penanaman jenis kopi robusta yang diprogramkan pada tahun 2021 mendatang.

Menurut Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Donggala, H. Ansar pengembangan tanaman kopi di wilayah Donggala akan diprioritaskan di wilayah Kecamatan Rio Pakava, khususnya di Desa Tinauka. Sebab di desa tersebut ada banyak lahan pertanian milik warga setempat yang cocok dengan kondisi alamnya. Selain itu beberapa desa di Kecamatan Banawa Selatan juga disiapkan bagi tanaman kopi terutama lahan yang sebelumnya tidak berproduksi, namun butuh bibit baru.

“Program ini kami siapkan sesuai permintaan masyarakat petani, sehingga tahun depan pembibitannya akan disediakan untuk kemudian dibagi-bagikan pada kelompok petani. Jadi dalam pengembangan tanaman kopi tidak lagi membuka lahan baru, melainkan yang sudah ada namun tidak produktif,” kata Ansar belum lama ini.