114 Warga Terjangkit Diare, Dinas Kesehatan Sigi Siaga

oleh -16 views
ilustrasi sakit diare

Sigi, Posrakyat.com – Beberapa desa di kecamatan Lindu, Kab. Sigi menerima pelayanan kesehatan dari Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Hal ini dilakukan untuk mengatasi diare massal yang diderita sejumlah warga. Diare tersebut diketahui mewabah sejak Minggu (13/1).

Salah satu desa yang terkena wabah tersebut adalah Desa Anca, Kabupaten Sigi.

Dilansir dari Republika, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sigi, Roland Franklin, mengatakan ada sekitar 114 desa yang menderita diare massal tersebut pada hari Selasa (14/1).  114 warga pasien diare yang telah dirawat dan mendapat penanganan medis tersebut tercatat 1 orang yang meninggal. Ia juga menghimbau agar waspada diare melalui aktifitas aktifitas sederhana seperti memeriksa selalu makanan yang akan dimakan.

“Yakni dengan memeriksa dan mencium bau makanan yang akan disantap. Jika mengandung bahan berbahaya dan sudah tidak layak makan (basi atau kadaluarsa) maka jangan dikonsumsi,” katanya.

Dinas Kesehatan Sigi dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah tidak hanya merawat dan mengobati korban, namun juga memberi sosialisasi pencegahan diare kepada masyarakat setempat.

“Berdasarkan keterangan beberapa korban, kemungkinan mereka mengalami diare disertai mual dan muntah akibat makanan yang disantap dalam suatu acara pada Sabtu (11/1) di desa itu,” ujarnya.

Selain itu, beberapa wilayah di Kecamatan Lindu ternyata memiliki akses transportasi yang cukup sulit.

“Memang jalannya sudah bisa dilewati mobil, tetapi saat musim hujan sama sekali tidak bisa dilalui,” kata Sekretaris Camat Lindu, Sebulan, dikuti Antara, pada Rabu (15/1)

Belum lagi pasien yang berjumlah ratusan harus ditangani tanpa pengawasan dokter. Petugas kesehatan di Puskesmas Lindu di awasi oleh bidan dan perawat. Namun, dengan adanya bantuan medis langsung dari Dinas Kesehatan Provinsi, ia berharap tenaga dokter akan segera diturunkan.

Sebulan berharap peristiwa tersebut tidak lagi terjadi di desa Anca dan cepat teratasi. Ia juga menghimbau kepada warganya agar lebih berhati-hati memilih makanan.

 

Editor : ZF

loading...