Donggala Dapat Bantuan Benih Jagung Untuk 10.000 Hektare

oleh -
Benih jagung (Ilustrasi)

DONGGALA, PosRakyat.com – Pemerintah Kabupaten Donggala mendapat bantuan benih jagung untuk lahan seluas 10.000 ha pada tahun 2020. Bantuan tersebut dari Kementerian Pertanian RI sebagai upaya peningkatan produksi tanaman pangan jenis jagung di Kabupaten Donggala. Selain itu juga mendapat dalam meningkatkan produksi swasembada pangan berupa padi sawa, pemerintah juga memberi bantuan benih padi untuk lahan sawah seluas 12.700 ha.

“Potensi jagung di Kabupaten Donggala cukup besar sehingga juga menjadi perhatian pemeirntah dalam pembudidayaan. Potensi it uterus ditingkatkan mengingat permintaan pasar terus meningkat,” kata Kadis Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Donggala, Hary Soetjahyo, Rabu (3/6).

Potensi tanaman jagung di Kabupaten Donggala ada kecendeungan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data terdapat luas tanam 3.275 ha mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya hanya 1.818 ha. Demikian halnya produksinya juga mengalami peningkatan dari 6.492 ton menjadi 12.640 ton pada tahun 2015 lalu dan tahun 2017 mengalami peningkatan lebih tinggi dari sebelumnya yaitu mencapai 66.766 ton atau meningkat dengan mencapai 88,28 persen. Berdasarkan data tersebut dipastikan pada tahun 2020 ini produksinya lebih besar lagi seiring adanya perhatian pemerintah lebih focus pada peningkatan produksi dengan penambahan luas lahan dan tanam.

“Selama ini Kabupaten Donggala menjadi salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah yang menjadi penyangga pangan, urutan keempat dari 13 kabupaten penghasil beras di daerah ini. selain padi sawah yang jadi prioritas pemerintah untuk dikembangkan juga berbagai jenis tanaman palawija, selain padi, jagung, kedelai, kacang- kacangan, sayur-mayur dan lainnya,” ungkap Kasubdin Program Dinas Pertanian Holtikultura dan Tanaman Pangan Kabupaten Donggala, Ishak Nazaruddin.  [JAMRIN AB]

loading...