Item Pekerjaan Saluran Drainase di Ruas Tawaeli – Kebun Kopi – Toboli Dipertanyakan ?

oleh -
Tampak pekerjaan saluran drainase di ruas Tawaeli - Kebun Kopi - Toboli, belum rampung, Sabtu (21/12/2019). [Foto : Posrakyat.com ]

PPK 2.3 Satker PJN Wilayah II Sulteng BPJN XIV Palu Tak Menjawab, Terlihat Pembesian U-Ditch Kurang dan Lantai Kerja Tipis


Palu, Posrakyat.com – Jalan nasional ruas Tawaeli-Kebun Kopi-Toboli yang menghubungkan antara kabupaten Donggala dan kabupaten Parigi Mautong, provinsi Sulawesi Tengah terus ditingkatkan. Proyek tersebut dianggarkan setiap tahunnya dengan anggaran puluhan miliar hingga ratusan miliar rupiah. Meski demikian, proyek tersebut diduga tidak dikerjakan sesuai spesifikasi teknis.

Hal ini dikatakan salah seorang pemerhati kontruksi, Dadang saat ditemui oleh media ini, Sabtu (21/12/2019) malam, menurutnya, pada item pekerjaan saluran drainase tersebut, ia menduga kuat terjadi pengurangan pembesian dan ketebalan beton pada lantai kerja saluran itu. Kata dia untuk tulangan besi pada lantai dan dinding saluran mestinya berjumlah 6 batang  namun fakta di lapangan sebagaimana tampak di lokasi pekerjaan saat ini diduga kuat hanya menggunakan 5 batang besi.

“Untuk pembesian saluran model u-ditch, jika ukurannya seperti pekerjaan di ruas Tawaeli, Kebun Kopi dan Toboli itu jika uditch menggunakan dimensi, 100 x 100 x 120 berdasarkan rumus N + 1 ( jumlah besi + satu batang) jumlah bentang besi pada lantai dan dinding itu 18 bentangan batang besi.” Kata Dadang.

Namun hasil pantauan media ini di lokasi kegiatan pada ruas kilometer 39.40 sampai 45. tampak pekerjaan saluran tersebut patut diduga telah terjadi pengurangan pembesian. Terlihat pembesian pada u-ditch tersebut untuk lantai hanya menggunakan 5 batang besi dan dinding saluran menggunakan 5 batang besi.

Selain soal pembesian tersebut, tampak lantai kerja u-ditch itu terlihat tipis yang disinyalir kurang dari 3 centimeter, namun pada titik yang lain terlihat tidak menggunakan lantai kerja.

Salah seorang yang mengaku pekerja lapangan pada proyek tersebut melalui sambungan telepon miliknya kepada media ini, menjelaskan bahwa pekerjaan saluran u-dicth itu masih sementara dikerjakan. Ia juga mengatakan bahwa pembesian itu sudah sesuai yang diperintahkan oleh konsultan.

“Foto saluran u-ditch itu belum selesai sampai hari ini. Kami sementara akan memangsang mal persiapan pengecoran. Mengenai pembesian kami menggunaan tulangan pada lantai dan dinding saluran itu 6 batang sesuai perintah konsultan.” Ujarnya via telpon +62822-4317-70XX, Sabtu (21/12/) sore, pukul 17.10 WITA.

Sementara itu, Ir Julian Sitomorang PPK 2.3 Satker PJN Wilayah II Sulteng BPJN XIV Palu dikonfirmasi melalui via WhatsApp (WA) miliknya, Minggu (22/12), hingga berita ini di tayangkan belum memberikan penjelasan terkait dugaan pekerjaan yang tidak sesuai spesifikasi teknis itu.

Tampak pekerjaan saluran model U di ruas Tawaeli- Kebun Kopi-Toboli, belum rampung dikerjakan, Sabtu (21/12/2019). [Foto : Posrakyat.com]
Penulis : Zulfitra

loading...