Kondisi Anggota DPRD Sulteng Positif Covid-19 Kian Membaik

oleh -

Palu, PosRakyat.com – Seorang anggota DPRD Sulawesi Tengah terkonfirmasi positif Virus Corona (Covid-19). Pasien tersebut dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura Palu, dan kini menjalani perawatan di rumahnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Rumah Sakit Umum Anutapura Palu Herry Mulyadi mengungkapkan bahwa, pasien yang positif Covid-19 telah memeriksakan diri di rumah sakit beberapa waktu lalu, tapi karena kondisinya terus membaik sehingga dilakukan karantina mandiri di rumah.

“Memang kalau pasiennya baik-baik saja boleh karantina di rumah, siapa bilang tidak bisa. Kalau terinfeksi itu bisa dirawat di rumah, kalau dia mampu,” kata Herry Mulyadi yang dikutip Infopena jejaring PosRakyat, Sabtu 28 Maret 2020.

Menurut Herry Mulyadi, pasien yang terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) itu berprofesi sebagai Anggota DPRD Sulawesi Tengah.

“Pasien kelima atau keenam itu, suami istri. Tapi istrinya negatif, kebetulan istrinya dokter juga,” ungkap Herry.

Saat ini, kata Herry, kondisi pasien tersebut sudah membaik, sehingga diizinkan untuk melakukan karantina di rumahnya. “Pasien baik, kalau diperiksa ulang mungkin sudah negatif,” kata Herry.

Sebelumnya, pasien tersebut memeriksakan diri ke RSUD Anutapura Palu karena merasa kurang sehat sepulang dari Jakarta.

Pasien yang Anggota DPRD Sulawesi Tengah ini adalah kasus kedua positif Covid-19 di Sulteng. Herry meminta kepada masyarakat agar tidak panik dengan Corona ini, namum tetap selalu menjaga kesehatan.
“Tidak perlu khawatir karena pasiennya sudah membaik. Itukan virus, jadi masyarakat tidak perlu panik. Yang penting kita jaga kondisi,” kata Herry.

Diketahui, pasien RSUD Anutapura itu adalah pasien yang kedua terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulteng. Sebelumnya, pasien pertama yang terkonfirmasi positif Covid-19 diumumkan Gubernur Sulteng Longki Djanggola pada Kamis 26 Maret 2020 dan dirawat di Rumah Sakit Undata Palu.
Sementara itu, Pusdatina Covid-19 Pemprov Sulteng juga telah merilis data terbaru jumlah kasus Covid-19, Sabtu 18 Maret 2020. Sampai pukul 16.00 Wita, bertambah satu kasus positif sehingga total dua pasien positif Covid-19 di provinsi ini.

Selain jumlah pasien positif Covid-19 di Sulawesi Tengah yang bertambah menjadi dua orang, jumlah Orang Dalam Pemantauan (OPD) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga bertambah.

Data terbaru Pusdatina Covid-19 Pemprov Sulteng, Sabtu 18 Maret 2020, pukul 16.00 Wita, PDP baru di Sulteng bertambah 3 orang, dan PDP bertambah 9 pasien. Tambahan 3 ODP masing-masing dari Kabupaten Banggai 2 orang dan Parigi Moutong 1 orang. Sedangkan tambahan 9 PDP mmasing-masing 1 di Morut, 1 di Parimo, dan 7 di Kota Palu.

Dengan demikian, maka sampai Sabtu 18 Maret 2020, pukul 16.00 Wita, total 44 ODP dan 28 PDP di Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, dari 44 ODP yang dalam pemantauan petugas kesehatan masing-masing di Palu (5), Sigi (1), Donggala (6), Parimo (8), Poso (3), Touna (4), Banggai (9), dan Morut (8). Dari 44 ODP, sebanyak 4 orang dinyatakan selesai pemantauan dan 40 lainnya masih teus dipantau.

Sedangkan dari 28 PDP, terbanyak di Kota Palu yakni 17 pasien (3 negatif dan 2 positif), Kabupaten Sigi (2 pasien), Parigi Moutong (1), Tojo Unauna 2 pasien (1 negatif), Tolitoli 1 orang (1 negatif), Banggai 1 orang dan Morowali Utara 4 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 23 orang sedang menunggu proses uji laboratorium untuk dapat menentukan positif atau negatif virus Corona.

Data yang dirilis Pusdatina Covid-19 ini akan terus mengalami perubahan seiring perkembangan Covid-19 di Sulteng, sehingga diharap terus mengikuti update informasi data resmi terbaru Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng.

loading...