Sebaran Covid -19 Tak Pengaruhi Keimanan, Warga Touna Laksanakan Shalat Jumat Berjamaah

oleh -
Tampak warga di Touna tengah melakukan sholat Jum'at berjamaah di Masjid yang letaknya di Uemalingku jalan Sungai Bongka. (Foto : Jefry)

Touna, PosRakyat.com– Tengah meningkatnya penyebaran kasus Covid 19 atau Virus Corona di Negeri ini, ternyata tak berpengaruh pada keimanan seseorang. Pasalnya, beberapa wilayah di Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) tetap melaksanakan Shalat Jumat berjamaah.

Misalnya, Masjid yang letaknya di Uemalingku Jalan Sungai Bongka, Kabupaten Touna, terlihat warga setempat tetap melakukan Shalat Jumat berjamaah seperti biasanya.

Pantauan media ini Jumat (27/03/2020), masyarakat tetap berbondong-bondong datang untuk menunaikan Shalat Jumat sebagai kewajiban umat muslim sekaligus tempat meminta pertolongan dan perlindungan ditengah maraknya penyebarab virus ini.

Dalam Khutbah Jum’at Khotib menyampaikan dengan singkat, mengajak umat muslim agar selalu taat, beriman kepada Allah SWT, karena menurutnya sesuatu yang terjadi di muka bumi ini datangnya dari Allah SWT. Sehingga, padanya pulalah umat muslim meminta pertolongan agar musibah ini dijauhkan dan diangkat dari bumi ini oleh Allah SWT.

Sementara itu, sebagaian Masjid yang ada di daerah itu bahkan di wilayah Kota Palu telah meniadakan Shalat Jumat, berdasarkan imbauan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020, tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19, yang diterbitkan pada Senin (16/3/2020).

Kemudian dalam fatwa yang dikeluarkan itu, menyebut Shalat Jumat bisa diganti dengan Shalat dzuhur di rumah masing-masing.

(Jefry/ Dyt)

loading...