Bangun Baru, Mall Tatura Palu Tak Bebani Dana Pemda

oleh -
Menurut Direktur PT. Citra Nuansa Elok (CNE) Mall Tatura Palu, Muhammad Sandiri. Foto: Hidayat/Posrakyat.com

Palu,Posrakyat.com – Mall Tatura Kota Palu di Jalan Emmy Saelan yang ambruk akibat gempa 28 September 2018 lalu rencananya akan dibangun kembali akhir tahun 2019. Pembangunan Mall Tatura Palu tidak membebani dana Pemda.

Menurut Direktur PT. Citra Nuansa Elok (CNE) Mall Tatura Palu, Muhammad Sandiri, semua dana pembangunan dari luar Pemda Kota Palu.

“Untuk biaya pembangunan selain dari klaim asuransi, selebihnya itu pembiayaan dari perbankan, dandari investor,” kata Muhammad Sandiri saat menggelar Konfrensi Pers di Kompleks Ruko Mall Tatura Palu Sabtu (13/7/2019).

Dia menambahkan, tidak ingin membebeni Pemkot Palu soal pembangunan Mall Tatura Palu tersebut.

“Jadi tidak ada yang namanya penyertaan modal dari Pemda Kota Palu untuk pembangunan ini, jangan lagi lah kita menyusahkan Pemerintah Kota Palu, untuk memikirkan Mall ini,” kata Dirut.

Ia mengatakan, karena pihak Direksi yang ditunjuk, harus bertangung jawab dan harus optimis bahwa pembangunan itu harus dilakukan.

“Sehingga kami butuh support dari masyarakat Kota Palu dan pihak terkait agar pembangunannya diberikan kelancaran, dan pembangunan ini merupakan salah-satu Mall yang termegah di Kota Palu,” jelasnya.

Memang Kapasitasnya Pemkot di Mall Tatura ini salah satu Pemilik Saham yang terbesar dengan presentase 98,8 persen dan otomatis, pemiliki saham menyerahkan kepada Direksi PT. CNE untuk melakukan pengelolaannya.

“Alhamdulillah, di Tanggal 5 Juli baru-baru ini kita sudah menerima Asuransi pembayaran tahap pertama sebesar Rp.31 Miliar dari total Rp. 87 Milyar dari nilai premi Rp. 91 miliar.

Kenapa Rp.91 Milyar menjadi Rp. 87 Milyar, karena ada aturanya kena pemotongan yang namanya resiko sendiri sebesar 2,5 persen, dan yang kedua ada inventaris yang tidak kami masukkan dalam klaim asuransi karena tidak rusak sebab sesuai aturan jika kami masuk kan ketika itu ditemukan justru itu membawa malapetaka besarbagi PT. CNE,” ucapnya.

Renananya Mall Tatura Palu akan dibangun setinggi 7 lantai, lima lantai ke atas dan dua lantai ke bawah tanah. Pihaknya juga telah melakukan pengecekan soal ketahanan tanah pasca gempa dan Likuifaksi 28 September 2018 lalu.

Pembongkaran bangunan Mall Tatura yang lama rusak akibat gempa. Foto: Hidayat/Posrakyat.com

Mall Tatura ini dirancang anti gempa 0 sampai diatas 7 skala ricter. Anggaran Pembangunan cukup besar nulainya sekitar Rp.450 Miliar hingga Rp.500 Miliar.

“Karena kita membangun Mall Model A2, kalau kemarin Mall Tatura ini masih Plaza sebetulnya,” jelasnya.

Ditambahkan dia, luas lahan lama yang disiapkan mencapai 51 ribu meter persegi dan sudah masuk tipe kelas A2 Mall.

“InsyaAllah, pembangunan Mall ini bisa terbangun sesuai target waktu yang sudah kami rencanakan dan target pembangunannya itu 18 bulan.

Pantauan Posrakyat.com Hingga 13 Juli 2019 lokasi Mall sebelumnya terus dikosongkan, sebelum dilakukan peletakan batu pertama pertanda dimulainya pembangunan Mall Baru, memang tampak sudah sekitar 95 persen lahan sudah bersih.

Reporter: Hidayat

loading...