Ditjen Dukcapil Luncurkan Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan di Sulteng

oleh -

Posrakyat.com, Palu –Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan di Sulawesi Tengah (Sulteng) secara resmi diluncurkan oleh Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil, Prof. Zudan Arif Fakrulloh. Jum’at, 11 Mei 2018 di Hotel Sutan Raja Palu.

Menurutnya, GISA bertujuan membangun budaya sadar administrasi kependudukan masyarakat. agar kepemilikan dokumen kependudukan seperti kartu keluarga, KTP – El, akta kelahiran dan akta kematian terlengkapi.

“Harapannya adalah semua penduduk di atas umur 17 tahun memiliki KTP-El. Semua bayi yang lahir mendapatkan akta kelahiran. Kemudian seluruh penduduk yang meninggal dunia diuruskan akta kematiannya,” terangnya.

Ia mengatakan,menggunakan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh semua lembaga baik Perbankan, BPJS, TNI/Polri dan lainnya.

Prof. Zudan juga mengajak masyarakat agar memberitahukan kepada keluarga dan kerabat agar segera datang ke lapangan Vatulemo tempat berlangsungnya kegiatan GISA untuk melengkapi segala kekurangan dokumen kependudukan.

“Kami menghimbau bapak dan ibu yang hadir mengetahui ada keluarga atau kerabatnya yang belum melengkapi data kependudukan mohon di beri tahu untuk datang kesini, Lapangan Vatulemo depan kantor wali kota.Ini geratisan kok, tidak di pungut biaya”, ajaknya.

Pelayanan GISA tersebut akan dibuka selama tiga hari sejak tanggal 11 – 13 Mei 2018 dengan ketentuan sudah memiliki surat keterangan, KTP-El hilang, rusak, atau perekaman dan pembuatan KTP-El yang baru.

Prof. Zudan mengaku dengan antusias masyarakat ini, pihaknya optimis GISA di Sulawesi Tengah bisa meningkatkan target kepemilikan dokumen kependudukan. Sebagaimana yang dipaparkannya, Sulawesi Tengah masih berada di urutan ke-30 untuk Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran dan urutan ke-25 untuk cakupan kepemilikan KTP-El.

“Tidak lagi berada di tengah, mudah-mudahan Sulawesi Tengah berada di level 10 besar nasional,” katanya. (Zoel)

loading...